Sabtu, 27 September 2014

Tasbih Istimewa



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
 فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ
Artinya : Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Maha Besar ( Surah Al Haqqaah : 52 , Surah Al Waaqi’ah : 74 dan 96 )
Berdasarkan firman Allah tersebut kemudian Nabi Saw. bersabda : jadikanlah firman Allah tersebut dalam ruku’mu , maka ketika turun firman Allah :
سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى
Artinya : Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi ( Surah Al A’laa : 1 )
Nabi Saw. bersabda : jadikanlah firman Allah tersebut dalam sujudmu , Adalah Nabi Saw. mengucapkan dalam ruku’nya :
Ø  سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ 
dan dalam sujudnya mengucapkan :
Ø  سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
Makhluk yang pertama kali mengucapkan kalimat  سُبْحَانَ رَبِّىَ اْلاَعْلَى adalah  malaikat Mikail . Nabi Saw. bersabda : “ Wahai Jibril , beritahukanlah kepadaku tentang pahala dari orang yang mengucapkan سُبْحَانَ رَبِّىَ اْلاَعْلَى di dalam shalatnya atau di luar shalatnya , kemudian Jibril menjawab : Wahai Muhammad , tiada mukmin dan mukminat mengucapkannya di dalam sujudnya atau di luar sujudnya melainkan baginya di timbangannya lebih berat dari ‘Arsy , kursy dan gunung – gunung yang ada di dunia dan Allah berfirman : benarlah hamba – Ku , Akulah Yang Maha Tinggi dan berada di atas segala sesuatu dan tidak ada di atas – Ku sesuatu , Saksikanlah wahai para malaikat – Ku ! Sesungguhnya Aku telah mengampuni bagi hamba – Ku dan memasukkannya ke syurga – Ku , maka apabila orang yang mengucapkannya wafat , malaikat Mikail mengunjunginya setiap hari . Apabila tiba hari kiamat , malaikat Mikail membawanya di atas sayapnya kemudian berhenti di antara kekuasaan Allah lalu malaikat Mikail memohon kepada Allah : Ya Allah berilah aku hak memberi syafaat kepada orang yang mengucapkan سُبْحَانَ رَبِّىَ اْلاَعْلَى kemudian Allah berfirman : Aku telah mengijinkan syafaat – Ku kepadamu untuk diberikan kepada orang  yang mengucapkan kalimat سُبْحَانَ رَبِّىَ اْلاَعْلَى maka pergilah ke syurga ” .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar